Show Mobile Navigation

Test Footer 2

Popular Post

View My Stats

Sabtu, 21 Juli 2012

Pengakuan Agen CIA Soal Insiden UFO Roswell

Dhany Rahim - Sabtu, Juli 21, 2012
 Pada 8 Juli 1947 silam, insiden menghebohkan terkaitunidentified flying object (UFO) terjadi di Roswell, New Mexico. 

Di tengah badai besar, ditemukan sebuah pesawat berbentuk mirip piring terbang, kondisinya rusak parah. Ada tiga jasad mirip manusia berpakaian metalik di sekitarnya. Banyak orang menduga, itu adalah UFO, namun pemerintah Amerika Serikat mengumumkan itu adalah balon udara. 

Baru-baru ini dalam peringatan 65 tahun insiden Roswell, seorang agen Central Intelligence Agency (CIA) buka mulut soal insiden itu, sekaligus menguak laporan rahasia CIA. Ia mengatakan, "itu benar-benar terjadi." 

Chase Brandon, nama agen yang telah 35 tahun mengabdi di badan intelejen itu mengatakan, informasi soal Roswell tersembunyi di lemari besi rahasia di kantor pusat CIA di Langley. "Di area lemari besi, ada satu kotak yang menarik perhatian saya. Karena ada tulisan: Roswell. Aku mengobrak-abrik apa saja di dalamnya, lalu mengembalikan kembali kotaknya ke rak," kata dia. 

Namun, ia tak mau mengungkapkan secara rinci apa yang ada dalam kota itu. "Ada beberapa material tertulis dan sejumlah foto. Itu saja, aku tak akan merinci apa saja yang ada dalam kotak itu," kata dia pada Huffington Post.

Yang pasti, ia menambahkan, "itu bukan balon udara, yang benar adalah laporan pertama," kata Brandon. "Itu adalah pesawat yang bukan berasal dari planet ini." Juga jasad-jasad yang ada di dalamnya, benar sesuai dugaan. 

Selama 25 tahun tugasnya di CIA, Brandon bergabung dalam korps elit Clandestine Service. Tugasnya menyamar, melakukan operasi rahasia terkait terorisme internasional, perdagangan narkotika global, penyelundupan senjata, dan operasi antigerilya. 

Saat insiden Roswell terjadi, pihak militer mengeluarkan rilis: "Sekian banyak rumor tentang piring terbang menjadi kenyataan kemarin, saat petugas intelijen 509th Bomb Group dari Eighth Air Force, Roswell Army Air Field cukup beruntung bisa mendapatkannya. "

Dalam 24 jam kemudian, militer mengubah cerita itu dan mengatakan, obyek yang awalnya dikira piring terbang adalah balon cuaca yang jatuh di peternakan terdekat. Hebatnya, media dan publik kala itu menerima penjelasan tersebut tanpa pertanyaan.

Sebelumnya, sebuah dokumen yang dikeluarkan FBI menguatkan cerita Brandon, atau setidaknya, mendukung anggapan bahwa otoritas AS sengaja menutupi keterkaitan dengan alien atau mahluk ekstraterresterial. 

Di dalam memo berjudul "Piring Terbang", untuk direktur FBI pada tahun 1950, agen Guy Hottel, mengungkapkan investoigator Angkatan udara sedang menyelidiki tiga benda yang disebut p iring terbang yang ditemukan di New Mexico. 

Ia menggambarkan benda itu berbentuk lingkaran, yang bagian tengahnya cembung, kira-kira berdiameter 50 kaki atau 15,2 meter. "Masing-masing berisi satu jasad mirip manusia, tang tingginya hanya 3 kaki atau 0,9 meter."

Tubuh-tubuh itu mengenakan kain metalik yang memiliki tekstur yang sangat halus. Mirip pakaian yang digunakan pilot tes.




Asteroid Selebar 1,3KM Menuju Bumi

Dhany Rahim - Sabtu, Juli 21, 2012
Asteroid selebar hampir satu mil akan melintasi bumi pada Minggu, 22 Juli 2012. Menurut Daily Mail, asteroid ini diperkirakan berukuran 2.000 hingga 4.500 kaki (609,6 meter hingga 1,37 km). Obyek ini dikategorikan asteroid terdekat bumi (NEA). Benda angkasa NEA 2002 AM31 digambarkan sebesar bangunan perkotaan AS.

Para astronom memperingatkan agar tidak perlu panik. Benda raksasa ini akan melintasi luar angkasa dengan posisi 13,7 kali lebih jauh dari jarak bumi ke bulan. Batuan luar angkasa ini akan dilacak secara langsung dengan kamera di bumi dan antariksa.

Menurut Space.com, asteroid 2012 AM31 ini akan berjarak sekitar 3,2 juta mil (5,2 juta km) dari bumi. Posisi terdekatnya akan dicapai pada 22 Juli 2012.   

Anda bisa menyaksikan asteroid ini melintasi bumi dengan menonton via live streaming Kamera Antariksa Slooh. Laman pengamatan angkasa ini akan menyajikan pandangan dari teleskop Observatorium Prescott, Arizona, Amerika Serikat dan Pulau Canary, barat Afrika. Tayangan langsung dijadwalkan mulai pada pukul 19.30 waktu setempat.

Menurut ilmuwan, asteroid ini tidak berpotensi menabrak bumi pada akhir pekan ini. Tapi, benda luar angkasa ini tetap dalam pemantauan untuk potensi bahaya masa depan. Pusat Planet Minor di Cambridge, AS, mengategorikan batu raksasa ini sebagai "asteroid yang berpotensi menyebabkan bencana".

Asteroid 2002 AM31 ditemukan pada 2002. Langkahnya sudah dilacak dengan radar oleh para astronom NASA. Mereka memasang antena radio dalam luar angkasa di Goldstone, California, AS. Observatorium Arecibo, Puerto Rico, juga sudah siap memantau pergerakan asteroid ini pada akhir pekan.

© VIVA.co.id

Jumat, 20 Juli 2012

Makna Puasa Ramadhan

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (Al-Baqarah: 183)

Shaum dalam arti bahasa adalah menahan dari sesuatu. Menurut Qadhi Al-Baidhawi seperti dikutip Rasyid Ridha, shaum adalah menahan diri dari dorongan nafsu, bukan semata-mata menahan. Sedangkan menurut syara', shaum adalah menahan diri dari makan, minum dan berhubungan suami-istri dari terbit fajar hingga matahari terbenam, untuk mencari keridhaan Allah (ihtisaban) dan mempersiapkan jiwa untuk meraih ketakwaan dengan menanamkan akhlak 'muraqabatullah' (pengawasan Allah) dan mendidik jiwa dalam mengekang dorongan syahwat sehingga mampu meninggalkan semua hal yang haram (Tafsir Al-Manar, vol.2/114-115).

Dalam perspektif Islam, kebangkitan umat tidak melulu selalu dikaitkan dengan kesuksesan jihad fisik dan capaian pembangunan fisik serta sumber daya umat baik alam maupun manusianya. Justru setiap tahun, Allah sediakan Ramadhan sebagai madrasah bagi kaum beriman untuk memusatkan dirinya mengisi ulang (recharge) keimanan dan takwa sebagai sarana pembangunan karakter yang menjadi pusat kendali arah bagi pembangunan fisik dan sumber daya manusia muslim.

Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan umat muslim harus benar-benar fokus ke arah pencapaian tujuan ibadah tersebut yaitu "agar kamu bertakwa". Kita tak boleh hanya berhenti sebatas menjaga aturan-aturan lahiriah puasa berupa larangan makan, minum dan berhubungan suami-istri dari pagi hingga sore hari. Namun, kita harus berupaya maksimal mewujudkan tujuan-tujuan disyariatkannya (maqasid syariah) ibadah puasa tersebut yang disimpulkan dalam kalimat "la'allakum tattaqun".

Apa saja yang harus kita lakukan untuk mewujudkan tujuan takwa dari ibadah puasa? Pertama, kita harus memfungsikan tujuan puasa dalam kehidupan keseharian kita. Caranya dengan memaksimalkan fungsi 'muraqabatullah' (pengawasan Allah yang melekat). Jika muslim sanggup mengalahkan syahwat dan hawa nafsunya selama sebulan penuh karena taat dan tunduk kepada perintah Allah ta'ala, maka kebiasaan positif itu diharapkan akan melahirkan akhlak muraqabah dan rasa malu terhadap Allah di hari biasa ketika kita dihadapkan pada pilihan halal dan haram baik dalam muamalah ekonomi, sosial masyarakat dan kehidupan bernegara.

Kedua, manfaat puasa tidak terbatas pada simpanan pahala di akhirat saja, tetapi juga berpengaruh positif bagi perbaikan kehidupan sosial dan kesejahteraan umat. Muslim yang berakhlak 'puasa', tak akan berani menipu dan memanipulasi anggaran. Juga tak mempan dibujuk rayuan sogok dan korupsi. Ia juga tak akan berani berkilah untuk berkelit dari kewajiban membayar zakat sebagai tanggung jawab sosial kepada fakir miskin dan tak akan doyan makan uang riba. Muslim yang bertakwa, pada saat ia lalai oleh maksiat, maka dia tidak akan terlena terlalu lama dan cepat bertaubat kepada Allah seperti firman-Nya,

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, Maka ketika itu juga mereka melihat (menyadari) kesalahan-kesalahannya" (Al-A’raf: 201)

Semoga puasa Ramadhan tahun ini membawa keberkahan dan perubahan positif dalam diri dan bangsa kita yang tengah bergelut memberantas korupsi dari negeri ini dan berjuang meningkatkan kesejahteraan rakyat lahir dan batin.



*Penulis adalah Wakil Sekjend Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI)

( rmd / rmd ) 




Fungsi Takwa

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa. Umat muslim lebih khusuk beribadah dan melipatgandakan kebajikan di dalamnya. Tujuan ibadah ramadhan seperti digariskan oleh Allah dalam Alquran adalah agar kita meraih ketakwaan (QS Al-Baqarah: 183)

Takwa tak hanya berhubungan dengan keintiman ibadah antara makhluk dengan Khalik, tetapi juga berkorelasi erat dengan perbaikan kualitas hidup dan kesejahteraan bangsa yang bertolak dari sikap beragama yang jujur dan amanah sebagai manifestasi takwa.

Sering dijumpai dalam formulir CPNS termaktub syarat bagi pelamar harus beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Namun realitasnya terma itu abstrak sekaligus dalam banyak hal absurd, soalnya setelah resmi jadi PNS tetap saja budaya korupsi marak meski ada syarat itu.

Banyak kalangan menganggap takwa berarti takut kepada Allah dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Asusmsi semacam ini sah-sah saja, tapi belum sepenuhnya mewakili esensi takwa, apalagi jika dikaitkan dengan upaya mengaktualkan terma takwa ini tak hanya untuk kesalehan individual, namun juga untuk melahirkan kesalehan sosial yang berdampak besar bagi kemakmuran yang bersendikan keadilan.

Secara bahasa, takwa berasal dari kata 'wiqayah': memelihara diri dari segala hal yang merusak dan merugikan diri kita. Allah swt berfirman: "Dan bertakwalah kamu (hindarilah) fitnah yang tak hanya akan menimpa orang-orang zalim di antara kalian secara khusus." (al-Anfal: 25). Menghindar dan menjaga diri dari fitnah dan kemurkaan Allah dengan menjalankan sunnatullah secara benar dalam tataran kosmos maupun sosial dan pranata hukum, juga adalah bagian penting esensi takwa kepada Allah swt.

Negara dan bangsa kita yang mayoritas muslim ini mengalami krisis keadilan dan penegakam hukum yang parah. Ajaran Islam yang dianut oleh mayoritas bangsa ini harus proaktif mengatasi krisis tersebut. Salah satunya dengan cara mem-breakdown terma Takwa ke dalam reformasi mental para penegak hukum di negeri ini.

Oleh Alquran dinyatakan bersikap adil dalam menegakkan hukum adalah wujud Takwa – I’diluu huwa aqrabu littaqwa - (al-Maidah: 8). Sikap tegas dan tanpa pandang bulu, meski diberlakukan terhadap diri sendiri dan kerabatnya, dalam penegakan hukum hanya bisa dilakukan oleh pemimpin yang taqwa kepada Allah,

"Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatnnya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutarbalikkan (fakta-data) atau enggan menjadi saksi maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan" (an-Nisa: 135)

Dalam prakteknya, para pemimpin yang bertakwa seperti Ali bin Abi Thalib berlaku tawadlu dan taat terhadap putusan hukum, meskipun perkaranya untuk klaim baju besi yang dikuasai seorang Yahudi dikalahkan oleh Qadhi Syuraih di sidang pengadilan. Pasalnya, sang khalifah mengajukan saksi yaitu Hasan, putranya sendiri, dan Qanbar, pembantunya. Oleh Syuraih, saksi dari kerabat seperti ini ditolak karena dianggap bisa menimbulkan bias. Akhirnya sang Qadhi memenangkan si Yahudi, dan Khalifah Ali pun menerimanya dengan ikhlas. Sikap tawadlu yang lahir dari takwa inilah justru memicu si Yahudi masuk Islam.

"Duhai Amirul Mukminin, anda mengajukan saya kepada Qadhi bawahan anda, tapi dia malah memenangkan saya atas anda. Saya bersaksi bahwa ini adalah kebenaran dan saya bersaksi tiada tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasulullah", ujar warga Yahudi itu. Subhanallah!

Demikianlah, hakikat dan fungsi takwa mewujud dalam keseharian dan pola tata laksana pemerintahan yang menjunjung tinggi hukum tanpa pandang bulu. Semoga "pelajaran" takwa dari sekolah Ramadhan ini dapat membekas dalam perilaku elit bangsa yang notabene mayoritas adalah muslim!


*Penulis adalah Sekjend Majelis Ulama dan Intelektual Muda Indonesia (MIUMI)
( rmd / rmd ) 





Hubungan Suami-Istri di Siang Hari Ramadan

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
Saya seorang suami yang bekerja di luar kota, sebulan hanya 1 kali (2 hari) pulang ke rumah. Jadi selama bulan Ramadhan, saya hanya berjumpa istri saya 2 hari. Apakah boleh saya berhubungan badan di siang hari dengan istri saya sebagai tanggung jawab saya menafkahi batin istri saya dan saya sendiri? Lalu bagaimana dengan puasa saya? bolehkah saya meng-qadha puasa saya?

Mohon Bimbingannya

Wassalamualaikum wr wb

Jawab:

Berhubungan seks pada siang hari Ramadan dilarang. Bekerja di luar kota dan hanya berkesempatan bertemu istri dua hari dalam sebulan juga bukan alasan yang dibenarkan agama untuk dapat membolehkan seorang suami berhubungan badan dengan istrinya pada siang hari Ramadan.

Jika ingin bertanggung jawab memberi nafkah batin kepada istri Anda secara baik, juga untuk memenuhi kebutuhan seksual Anda, bawa serta istri Anda untuk tinggal tidak jauh dari kota tempat Anda bekerja. Atau, carilah pekerjaan yang tidak jauh dari tempat tinggal istri Anda. Saya kira itu solusinya. Bukan melakukan sesuatu yang dilarang oleh agama.

Jika seseorang melakukan hubungan suami istri pada siang hari Ramadan, maka kafaratnya (dendanya) adalah (a) memerdekakan seorang budak atau, jika tidak mampu melakukannya, (b) berpuasa selama dua bulan berturut-turut atau, jika tidak mampu juga, (c) memberi makan kepada enam puluh orang miskin.

Cukup berat! Membatalkan satu hari puasa Ramadan dengan cara melakukan hubungan seks, tidak cukup diganti hanya dengan puasa satu hari pada bulan lain. Jika Anda melakukan hubungan seks pada dua hari yang berbeda selama Ramadan, maka kafaratnya Anda harus berpuasa selama dua kali dua bulan berturut-turut.

Allah begitu memuliakan bulan Ramadan, maka janganlah kita menodai kemuliaan itu dengan melakukan hubungan seks pada siang hari. Allah sudah memberi keringanan kepada hamba-hamba-Nya dengan membolehkan berhubungan seks antara suami istri pada waktu malam (silakan baca QS Al-Baqarah [2]: 187). Manfaatkanlah keringanan itu dengan baik.

Demikian, wallahu a’lam.

Al-Malikah, Kisah Pelacur yang Menjadi Ahli Surga

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
Suatu ketika di suatu negeri, hiduplah seoarang wanita bernama Al-Malikah. Dia adalah wanita tunasusila keturunan Bani Israil. Al-Malikah dikenal di negerinya sebagai pelacur kelas atas. Bayaran yang ia peroleh juga cukup tinggi.

Kecantikannya sangat terkenal sehingga banyak pemuda yang menyukainya. Tidak terkecuali seorang pemuda bernama Abid. Abid sebenarnya pemuda miskin yang taat ibadah. Namun kepopuleran paras cantik Al-Malikah di seantero negeri rupanya telah menggoda keimanan sang pemuda untuk mencoba menikmati kecantikan Al-Malikah. 

Sayangnya untuk bisa bertemu Al-Malikah, Abid harus mengeluarkan biaya sebesar 100 dinar. Karena besarnya uang bayaran itu, Abid harus bekerja sekuat tenaga untuk mengumpulkan uang. Dia ingin bertemu dengan 'pujaan' hatinya. Setelah uang terkumpul, datanglah Abid menemui Al-Malikah.

Namun sesuatu yang mengejutkan terjadi. Ketika Abid telah berada di hadapan Al-Malikah, tiba-tiba tubuhnya menjadi gemetar. Keringat bercucuran keluar dari sekujur tubuhnya. Yang terjadi, sang pemuda justru ingin lari dari tempat itu. Al-Malikah malah menjadi heran dengan tingkah Abid yang mendadak berubah. 

Ketika Al-Malikah sudah berada di depannya, Abid justru teringat akan Rab-nya. "Aku takut kepada Allah, bagaimana aku mempertanggungjawabkan perbuatan maksiatku nanti," kata Abid.

Ucapan Abid yang spontan malah membuat Al-Malikah terkejut. Entah bagaimana, ucapan Abid seakan menjadi wasilah yang memberi kesadaran kepada Al-Malikah. Di luar dugaan, hati Al-Malikah tersentuh oleh ucapan Abid yang polos itu. 

Abid pun lantas pergi menjauh meninggalkan Al-Malikah. Kakinya langsung berjalan seribu langkah. Namun tanpa diduga, belum jauh Abid meninggalkan tempat itu, Al-Malikah mengejar dan menghentikan langkah Abid. Al-Malikah mencegah Abid. Tapi bukan untuk memaksa Abid untuk berzina. Yang dilakukan Al-Malikah justru meminta Abid menikahinya. Perempuan itu tiba-tiba menangis di depan Abid, sambil memohon-mohon. Tentu saja kini giliran tingkah Al-Malikah yang membuat heran Abid.

Bahkan dengan nada mengancam, Al-Malikah tidak akan melepaskan langkah Abid sebelum pemuda itu benar-benar berjanji menikahinya. Namun usaha Al-Malikah sia-sia. Abid berhasil menjauh hingga menghilang dari pandangan Al-Malikah. 

Keteguhan iman sang pemuda rupanya telah menawan hati Al-Malikah. Kata-kata keimanan yang keluar dari mulut Abid benar-benar telah membuka hati, mata dan pikiran sang wanita. Usai pertemuan yang awalnya untuk bertransaksi maksiat kepada Allah itu, Al-Malikah bertekad untuk memperbaiki diri dan segera keluar 'lembah hitam' pekerjaannya. Tujuannya tak lain, menyempurnakan benih iman yang mulai tumbuh karena disiram ucapan sang pemuda. Dia pun mencari sang pemuda hingga ke pelosok.

Bertahun-tahun Al-Malikah berjalan keluar masuk kampung hanya untuk mencari sosok pemuda teguh iman yang pernah ditemuinya itu. Namun usaha yang dilakukan Al-Malikah kandas. Abid mengetahui jika sang wanita pelacur mencari-cari dirinya. Karena ketakutannya kepada Allah, maka Abid selalu menghindar dan bersembunyi. Karena ketakutannya yang luar biasa kepada Tuhannya itu, hingga membuat Abid pingsan lalu meninggal. 

Kabar meninggalnya Abid ini rupanya sampai juga ke telinga Al-Malikah. Tentu saja kabar itu membuat Al-Malikah syok dan bersedih. Usahanya untuk dapat bersuamikan lelaki saleh harus kandas, sementara benih iman di hatinya baru saja tumbuh. 

Al-Malikah lalu bergegas ke rumah tempat disemayamkannya Abid untuk bertakziyah. Tekadnya sudah bulat, memperbaiki diri dan keimanannya. Karena tekadnya itu, Al-Malikah lalu berniat menikahi saudara Abid. Dalam pandangannya, jika ucapan dan perilaku Abid dapat mempengaruhi dirinya, apalagi terhadap saudaranya yang lebih dekat itu. Pastilah, menurut Al-Malikah, saudara Abid juga memiliki keteguhan iman yang tak kalah kokohnya dengan Abid. 

Ternyata saudara Abid menerima permintaan dari sang wanita paras cantik ini. Keduanya pun menikah, meskipun sebenarnya Al-Malikah tahu jika baik Abid maupun saudaranya adalah pemuda miskin. Bagi Al-Malikah yang sudah bertekad kuat, hal itu bukan penghalang. Iman di hati yang telah disiram Abid kini menjadi kekayaannya yang baru. Karena kekayan iman baginya lebih besar dari sekadar kekayaan duniawi. 

Al-Malikah lalu hidup berbahagia dengan lelaki saleh, saudara Abid. Dikabarkan, Al-Malikah menjadi salah satu perempuan bani Israil calon penghuni surga. 


(dari berbagai sumber)





Apple Daftarkan Paten untuk Hancurkan Android

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
Apple dikabarkan telah mendaftarkan paten yang berpotensi kembali memanaskan perang paten dengan para pesaingnya. Mengutip TechRadar, paten yang didaftarkan itu kabarnya memiliki nomor #8.223.134, yang meliputi wilayah hukum Amerika Serikat. Paten itu akan meliputi tampilan antar-muka (interface) untuk menampilkan dokumen, list, pesan teks, emails, dan hal-hal lain yang umum digunakan di layar smartphone.

Secara spesifik, paten itu terkait dengan metode scrolling di dokumen dan list. Di perangkat iOS milik Apple, scrolling pada dokumen dan list akan memicu munculnya sebuah bar di sisi kanan layar, yang menunjukkan lokasi Anda pada list itu.

Ini tidak secara langsung merupakan bar untuk scrolling, tapi memberikan indikasi kepada pengguna mengenai seberapa jauh mereka telah men-scroll dokumen.
Metode yang akan dipatenkan Apple itu sepertinya sama dengan apa yang telah digunakan pada Microsoft Word selama bertahun-tahun. Metodescrolling itu juga ditemukan di sistem operasi Android (milik Google) dan Windows Phone (milik Microsoft).  

Apple pertama kali mengajukan paten di tahun 2007, kemudian kembali menyodorkannya di tahun 2008. Lalu, Apple kembali mengajukan paten di bulan Maret, yang baru dikabulkan pada 17 Juli kemarin.

Di tahun 2007, smartphone memang masih didominasi perangkat dengan tombol. Kemudian, Apple meluncurkan iPhone dengan antarmuka layar sentuh. Ini kemudian dibebek perusahaan lain.
Dengan pencatatan paten ini, Apple seperti memperlihatkan tanda-tanda akan mengibarkan bendera perang. Jika Apple menggunakan paten ini untuk melawan Google dan Microsoft, ini bisa menjadi kendala berat bagi Google untuk mengakhiri berbagai sengketa hukum.

Apple seperti mewarisi sumpah Steve Jobs, yang pernah mengancam akan melancarkan perang nuklir melawan Android. Saat itu, Jobs menuduh Google mencuri ide dan konsep Apple mengembangkan iPhone. (kd)

© VIVA.co.id 

Burung Besar Ini Bebas Selingkuh

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
Burung laut besar, Albatros tampak menjalani kehidupan monogami bersama pasangan selama bertahun-tahun. Tapi, hubungan keduanya tergolong unik. Pasangan burung ini memiliki hubungan yang terbuka. Penelitian jangka panjang pada satu populasi menunjukkan alasan burung ini sering selingkuh.

Albatros memiliki lebar sayap terbesar dibanding burung lainnya dengan ukuran lebih dari 3,5 meter. Tapi, burung lain banyak yang lebih berat.

Seperti makna namanya, albatros menghabiskan kehidupan mereka dengan berkelana sekitar laut selatan yang dingin untuk berburu ikan dan mamalia laut.

Ketika mencapai usia kematangan seksual, albatros yang berkelana akan mencari pasangan jangka panjang. Burung ini menjalin hubungan dengan menghadap satu sama lain sambil mengepakkan sayap dan berteriak.

Setelah ikatan hubungan ditetapkan, hubungan ini berjalan selama tiga tahun. Pasangan ini biasanya bertemu kembali setiap dua tahun hingga salah satunya mati. Betina lebih memilih jantan yang berusia sebaya. Umunya, usia hidupnya akan sama.

Setelah berkelana, jantan kembali untuk berkembang biak di salah satu pulau terpencil. Contohnya, Pulau Marion di selatan Samudera Hindia yang telah dimonitor sejak 1987.

Serangan Gelap Jantan

Pasangan tetapnya ini menunjukkan albatros sebagai burung yang menganut monogami. Mereka seakan setia dengan pasangannya. Tapi, bukti berkata lain. Pada 2006, analisis genetik menunjukkan lebih dari 10 persen anak burung bukan dari pasangan resminya.

Temuan terbaru menunjukkan bukti lebih kuat lagi mengenai perselingkuhan albatros. Genevieve Jones dan koleganya di Universitas Cape Town, Afrika Selatan mengikuti koloni albatros di Pulau Marion. Hasil penelitian selama tiga tahun menunjukkan 18 persen anak burung memiliki pasangan orangtua yang berbeda dari pihak jantan.

Anak burung hasil "hubungan gelap" ini akibat pejantan lain memaksa betina untuk berhubungan seks dengannya. Ini biasanya terjadi ketika pasangan betina sedang berkelana di laut sehingga tidak bisa menjaga istrinya.

Jones mendokumentasikan 24 pemerkosaan burung betina ini. Empat di antaranya menghasilkan anak burung. Bahkan, burung jantan itu juga memaksa anak burung betina untuk bersetubuh dengannya.

Di sisi lain, Jones juga menyaksikan 11 betina berhubungan badan tanpa paksaan dengan pejantan yang bukan pasangannya. Dua dari betina ini menghasilkan anak burung dari ayah yang bukan pasangannya.

Jones mempelajari 247 anak burung yang dihasilkan 194 pasangan selama tiga tahun. Betina tampak membiarkan pejantan yang bukan suaminya untuk mengasuh anak-anak burungnya.

Dari keseluruhan burung yang diteliti, tidak semuanya selingkuh. Beberapa tetap setia sementara lainnya senantiasa selingkuh dari pasangannya.

Menurut New Scientist, perselingkuhan ini disebabkan butuh tiga tahun untuk membuat ikatan hubungan baru. Selama itu, susah untuk membesarkan semua anak burung sendirian. Sulit juga "m enceraikan" albatros yang sedang berkelana. Hasilnya, "hubungan gelap" albatros ini terjadi dengan burung yang berada di dekatnya saat itu. (sj)

© VIVA.co.id   

5 Kamar Hotel untuk Maniak Seks

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
Jepang tak pernah habis akal untuk mengakomodir hasrat bercinta masyarakatnya. Di berbagai kota termasuk di Tokyo, tersebar Love Hotels dengan kamar-kamar unik. Beberapa ditujukan untuk maniak seks! Wisatawan bisa shock.

Kultur nyentrik masyarakat Jepang tak hanya terlihat dari Harajuku, di mana pesta kostum menjadi atraksi utamanya. Di seluruh penjuru Jepang, tersebar puluhan ribu Love Hotel yang biasa digunakan untuk bercinta. Love Hotels atau biasa disebut Fashion Hotel ini dibuat dengan alasan mendasar, yaitu sebagai akomodasi pasangan yang ingin bercinta.

Soalnya, mereka jarang mendapat privasi di rumah sendiri. Ada pasutri yang rumahnya terlalu kecil dan banyak sanak saudara. Kebalikannya, ada juga remaja atau pasangan muda yang ingin bercinta tanpa ketahuan pihak keluarga.

Nah, Love Hotel ini jadi atensi tersendiri bagi para wisatawan. Betapa tidak, Love Hotel menyediakan dua opsi yaitu "Rest" dan "Stay". "Rest" berarti Anda menyewa kamar untuk jangka waktu 2-3 jam, sedangkan "Stay" yaitu menginap hingga pukul 10.00 keesokan harinya. Tak jarang, Love Hotel jadi opsi favorit traveler di Jepang.

Namun tahukah Anda, beberapa Love Hotel di Tokyo punya ide yang begitu gila untuk ditawarkan, seperti di Shinjuku dan Shibuya. Fasilitas yang ditawarkan bukan lagi soal kamar yang romantis, melainkan berbagai properti dan alat-alat yang bakal digemari para maniak seks. Duh!

Mengutip situs Stippy, Kamis (19/7/2012), Love Hotel paling gila punya lebih dari sekadar kasur, kamar mandi, dan pendingin ruangan. Anda bisa menemukan kasur berputar, vending machine, aneka kostum, bola disko di langit-langit, rantai, bahkan borgol!

Ada 5 kamar yang paling terkenal di Tokyo karena identik dengan para maniak seks. Black Widow Room misalnya, didominasi warna hitam-merah dengan kasur bundar di tengahnya. Di langit-langitnya, menjulur rantai-rantai yang bisa digunakan untuk mengikat tangan pasangan yang liar bercinta.

Selain itu ada pula Sailor Room, sebuah ruangan bertema pelaut lengkap dengan kostum pelaut seksi untuk wanita. Di kamar bertema Classroom, terdapat meja belajar dan papan tulis serta kostum seragam yang seksi. 2 Kamar ini sangat menggoda imajinasi nakal pasangan yang menyewa kamar ini. Ada pula kamar biasa yang tanpa peralatan heboh, namun dipenuhi lukisan Hentai alias kartun porno Jepang di tiap dindingnya.

Ruangan terakhir, digemari maniak seks karena suasana yang remang-remang. Biru jadi warna dominan di ruangan ini, dengan wallpaper glow in the dark yang membuat suasana semakin romantis. Sayangnya, situs Stippy tidak menyebutkan nama hotel tempat kamar-kamar ini berada.

Sebuah Love Hotel juga seringkali punya lemari pakaian sendiri. Tapi, isinya bukan pakaian pada umumnya, melainkan beragam kostum seksi. Ada kostum pelajar, pelayan, sampai gaun malam yang bisa dipinjam oleh para tamu. Pilih kostum yang disuka, untuk fantasi terliar yang pernah ada.















Sumber

Belajar Gratis Berburu Alien di Universitas

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
Universitas Edinburgh berencana mengerahkan ribuan mahasiswanya bulan ini untuk berburu alien. Universitas ini menggelar program kajian mencari alien.

Universitas asal Inggris ini bergabung dengan institusi terkemuka Amerika Serikat untuk meluncurkan rangkaian kursus online gratis. Ini termasuk mata pelajaran pengenalan terhadap astrobiologi dan pencarian kehidupan di luar angkasa.

Kursus ini akan membahas beberapa materi seperti kemungkinan keberadaan alien, cara kontak dengan alien, dan mencari representatif di bumi untuk menjalin komunikasi dengan alien.

Edinburgh menjadi universitas pertama di Inggris yang bergabung dengan konsorsium ini. Program ini digagas profesor Universitas Stanford, California, AS. Mereka akan menyediakan program kursus online gratis. Siapa saja bebas mengaksesnya.  Universitas terkemuka lain yang menawarkan kursus ini yakni Universitas Princeton, Berkeley, dan Universitas california.

Kursus pemahaman alien ini dipimpin oleh Profesor Astrobiologi Universitas Edinburgh sekaligus Direktur Pusat Astrobiologi Inggris, Charles Cockell. Kajian ini akan mengeksplorasi asal dan evolusi kehidupan bumi. Tentu saja, kursus ini akan mencari potensi kehidupan serupa bumi di tempat lain.

Kajian ini akan membahas kemungkinan pola hidup alien yang cerdas. Bersama Profesor Cockell, Anda bisa mendiskusikan dampak deteksi alien bagi manusia. 

Menurut Daily Mail, kursus ini diharapkan juga mengajarkan fotografi dasar agar foto penampakan alien lebih fokus dan tajam. Banyak foto-foto alien dan UFO yang tampak tidak jelas seperti hanya titik di langit.

© VIVA.co.id 

10 Gadget yang Bikin Anda Terlihat Tua

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
Washington - Sebelum gadget macam BlackBerry, Android, iPod atau iPhone menjadi pilihan kebanyakan masyarakat, Nokia, Motorolla, Sega menjadi pilihan utama para gadget mania.

Sega dan Tamagotchi menjadi game pilihan sementara Motorolla serta Nokia sempat memperoleh predikat sebagai »handphone sejuta umat.” Apakah Anda termasuk generasi pengguna gadget jadul tersebut?

Berikut 10 gadget jadul yang membuat Anda tampak tua.

1. Sega Genessis
Apakah Anda termasuk generasi yang gemar bermain video games semacam Sega? Ada banyak games yang bisa dimainkan misalnya Sonic, Jurrasic Park atau Mario Bross. Sega Genessi ini diluncurkan pertama kalinya pada 1989 di Amerika Utara seharga 189,99 dolar. Sega dengan cepat menjadi popular di kalangan remaja maupun orang dewasa.

2. Super Nintendo (SNES)
Pada awal 1990-an, Sega mendapat saingan keras dari Super Nintendo. Nintendo menjadi pilihan alternatif yang tak kalah populer dari Sega. Pada era 1990-an, sebanyak 300.000 unit Nintendo terjual habis hanya dalam beberapa jam di Jepang. Saking larisnya Nintendo, pemerintah Jepang sampai memerintahkan pabrikan Nintento untuk menunda peluncuran game-game Nintendo pada akhir pekan. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu kesibukan warga Jepang.

3. Telepon genggam flip pertama keluaran Motorolla
Pada 1996, dunia heboh dengan telepon genggam flip pertama Motorolla dengan tipe StarTAC. Saat itu, setidaknya 60 juta unit telepon genggam ini berhasil terjual. Selain modelnya yang merupakan terobosan baru, telepon genggam flip pertama ini merupakan telepon pertama yang menggunakan fitur getar.

4. DVD dan laser disc
Pada tahun 1996, diluncurkan pula DVD dan laser disc pertama. Cara menonton film melalui piringan hitam ini muncul di Jepang pada November 1996 dan di Amerika Serikat pada Maret 1997. Keluarnya DVD merevolusi cara warga dunia menonton televisi.

5. Tamagotchi
Indonesia juga sempat dihebohkan dengan game sejenis Tamagotchi. Sebuah games simulasi di mana penggunanya seakan-akan memiliki binatang peliharaan. Gadget ini memungkinkan penggunanya untuk memberi makan, mengajak jalan-jalan, memandikan. Tamagotchi berhasil membangun imaginasi penggunanya layaknya memiliki binatang peliharaan sungguhan. Sampai 2010, setidaknya 76 juta unit Tamagotchi telah terjual di seluruh dunia.

6. Nokia 5110
Telepon genggam berjenis Nokia 5110 ini sempat disebut sebagai handphone sejuta umat di Indonesia. Nokia 5110 sempat menjadi sebuah trend di kalangan warga Jakarta khususnya. Selain bisa digunakan untuk telepon dan sms, Nokia 5110 memiliki tiga jenis permainan, memori, logika dan yang paling terkenal, Ular atau snake. Handphone ini juga memiliki beberapa aplikasi yang termasuk revolusioner saat itu seperti kalendar dan pengubah mata uang.

7. Nokia 3310
Setelah 5110 menjadi pilihan utama, Nokia mengembangkan ponsel lain, 3310. Ponsel ini juga sempat menjadi pilihan utama di Indonesia. Fasilitas yang terdapat di dalamnya merupakan pengembangan dari Nokia 5110 misalnya kalkulator, stop watch, pengingat. Jenis permainan yang ditawarkan antara lain Snake II, Pairs II, Space Impact dan Bantumi. Fasilitas sms yang disediakan pun lebih panjang yaitu 459 karakter.

8. Motorola RAZR
Ponsel ini menjadi pilihan utama dengan tampilannya yang futuristik. Telepon genggam flip ini hanya selebar setengan inch dan sangat enteng serta bisa di bawa kemana-mana. Telepon genggam ini juga memiliki beberapa warna yaitu merah dan biru.

9. iPod generasi pertama
iPod pertama yang memiliki memori 5 gigabita. iPod ini bisa menampung 1.000 lagu. Harga iPod pertama mencapai US$ 399 dan diluncurkan pada 2001.

10. Original Playstation
Game ini menjadi video game console pertama yang terjual 100 juta unit dalam waktu 9 tahun dan 6 bulan. Produk ini menjadi produk tersukses Sony dan menggantikan Nintendo serta Sega.

Arkeolog Italia Klaim Temukan Kerangka Mona Lisa

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
 FLORENCE-- Arkeolog Italia mengklaim menemukan sisa-sisa kerangka milik Lisa Gherardini. Gherardini diyakini sebagai sosok wanita yang menjadi subyek lukisan ikonik Leonardo da Vinci, Mona Lisa.

Dipimpin oleh sejarahwan seni, Silvano Vicenti, tim arkeologi menemukan sisa tulang di bawah lantai biara Saint Ursula di kota Florence, Italia. Di sana tim menemukan sebuah ruang bawah tanah dari batu bata yang berisi tengkorak wanita. Tim arkeolog yakin, ruang tersebut merupakan makam milik Gherardini.

Menurut peneliti, tulang-tulang yang ditemukan akan di uji di Universitas Bologna. Mereka ingin mengetahui apakah tulang tersebut cocok dengan tengkorak tang ditemukan sebelumnya. Mereka berupaya untuk merekonstruksi wajah wanita yang diduga model Mona Lisa tersebut. "Saya yakin akan menemukan sesuatu," ujar Vincenti pada kantor berita Italia ANSA yang dilansir Press TV.

Gherardini menikah dengan seorang pedagang sutra kaya di Florence bernama Francesco del Giocondo. Sosok Mona Lisa kerap diidentifikasikan sebagai dirinya, setelah ia menjadi biarawati sepeninggalan sang suami.

Gherardini meninggal di biara pada 15 Juli 1542. Ia wafat pada usia 63 tahun, dan diyakini dikuburkan di dalam biara tersebut. Pada Januari 2011, Vicenti mengatakan telah menemukan simbol dalam lukisan Mona Lisa yang mengidentifikasikan sang model. Untuk itu ia sangat yakin, bahwa kerangka yang baru ditemukannya tersebut merupakan sosok Mona Lisa dalam lukisan Da Vinci.

Mona Lisa merupakan salah satu lukisan paling terkenal di dunia. Banyak perdebatan dikalangan seniman terkait sosok Mona Lisa dalam lukisan. Beberapa ada yang meyakini itu merupakan potret seorang pria. Banyak pula yang meyakini lukisan tersebut merupakan potret diri Da Vinci dalam sosok lain.

Redaktur: Dewi Mardiani



Sumber

Cara Mengatasi Blackberry Mati Total

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012
Cara Mengatasi Blackberry Mati Total - Blackberry atau juga dikenal dengan BB sekarang menjadi merebak di mana-mana. Banyak pemakai dan penikmatnya. Seandainya ada yang punya masalah dengan BB yang mati total. Bahasan kita kali ini mengenai tips mengatasi masalah Blackberry mati total tersebut. Langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk Cara Mengatasi Blackberry Mati Total adalah sebagai berikut :

 


1. Cek catu daya yang berasal dari battery ponsel. Battery standar untuk ponsel Blackberry mempunyai tegangan listrik sebsar 3,7 volt DC. Hal ini bisa kita ketahui jika melakukan pengujian menggunakan multitester yang mempunyai nilai positif ke positif battery dan kabel hitam pada multitester yang mempunyai nilai negatif battery, dengan skala 10 DC pada multitester. Saat dihubungkan, maka jarum multitester akan bergerak ke arah kanan dan berhenti di angka 3 sampai 4 volt.
2. Lakukan pengecekan pada konektor battery, dengan cara menempelkan kabel multitester ke konektor battery. Dengan skala x1, jarum multitester harus bergerak. Dan jika dibalik jarum multitester harus diam, apabila tetap bergerak segera cabut bagian IC PA, karena hal tersebut menandakan terjadi hubungan singkat pada IC PA.
3. Deteksi output tegangan dengan cara menghubungkan ponsel ke power supply analyser. Hubungkan kabel positif dari power supply pada konektor battery positif. Dan hubungkan kabel hitam ke konektor battery negatif. Sebelumnya lakukan setting power supply analyser menjadi 3,7 volt DC. Tujuannya untuk memberi input tegangan ke bagian IC Power. Setelah dihubungkan, bagian ampere harus mengeluarkan nilai sebesar 0,42 miliampere, jika tidak mengeluarkan angka tersebut berarti kerusakan terjadi pada bagian IC Power. Angkat IC tersebut, lakukan rekondisi atau cetak ulang pada kaki IC.




Blackberry Dan Permasalahannya

Dhany Rahim - Jumat, Juli 20, 2012



Artikel ini berasal pertanyaan temen temen yang bermasalah dengan BB nya, akhirnya saya kumpulin dan membuat artikelnya. dan saya ambil dari forum kaskus


Java.Lang Uncaugh Exeptions
Error yg disebabkan 1 module Java (COD) OS
Disebabkan module corupted, hilang ato salah versi.
Umum terjadi di hybrid OS, karena ga masuk dependency-nya

Tanda-tanda:
-Error "Java.Lang" pada layar bb
-Tercatat/traced dalam Event Log Viewer (alt + LGLG) dengan tulisan tebal (bold).

Solusi:

-Bila disebabkan karena aplikasi, uninstall aplikasi tersebut.
-Reload/upgrade/downgrade OS
For ADVANCE : Perlu pengertian/pembacaan code error dalam event log terlebih dahulu untuk tau module mana yg salah/rusak/hilang
Ganti module tersebut dengan inject
_______________________________________________________________________


Nuked 
sudah dijelaskan oom agoes.....
Sifatnya software (OS), jadi bb ga bisa booting (masuk menu sempurna)
Karena JVM (java virtual machine) gagal memproses semua module yg diperlukan buat start-up

Sebab:
Rusak/corupted-nya module OS
Salah versi aplikasi
Salah hapus module (manual shrink keliru)

Tanda-tanda Nuked:
BB looping booting, ga bisa booting dengan sempurna.
Proses booting terus berulang tanpa hasil sampe batre habis ato JVM error

Solusi:
Menyelamaykan BB yg ter-nuked

_________________________________________________________________________

JVM error
1 tingkat lebih fatal diatas nuked
JVM apa tanya gugel saja

Sebab:
-Penuhnya ROM (FM 0mb) jadi ga ada ruang gerak buat JVM
-Kecepatan CPU/prosesor dan ruang RAM tidak memadahi untuk memproses data.
-BB terlalu panas/overhead krn sebab external (over-charge, dijemur dll)
-kurangnya daya batre (bocor, loyo, low-batt)
-kerusakan hardware yg mempengaruhi kinerja OS

Tanda-tanda:
-Layar blank putih, ada error code dengan angka tertentu
-Beberapa error ringan tercantum tab "RESET" untuk mereset handhle
*bila "RESET" muncul, sangat disarankan mereset terlebih dahulu dengan opsi ini. Apabila BB tidak dapat booting sempuna baru lakukan cabut batre.

Secara garis besar, Error Codes tersebut digolongkan menjadi 5.
1xx
Error ini disebabkan tidak cocoknya module CODs. Bisa krn salah install aplikasi, bisa juga krn cara install apps yg salah.

2xx
Error yg disebabkan oleh aplikasi yg berjalan dalam BB.
Penuhnya RAM sering mengakibatkan lambatnya aplikasi bekerja. Bila OS sudah tidak bisa menghandle lagi, maka error ini bisa terjadi.

3xx
--sedang dirumuskan--- Hardware

4xx
--sedang dirumuskan--- Firmware

5xx
--sedang dirumuskan--- Macam-macam

untuk detailnya:
Macam-macam JVM error by 2sd Gadget
BB Aps Erroe Code by newbian

Solusi:
For Dummies: Cabut batre (battery pull) atau Ganti batre yg fully charge dan sehat
For Beginner: Lihat bagian Recharge Batre pada kerusakan hardware (bawah)
For ADVANCE ONLY: No JVM atau Nuked Program
For EXPERT ONLY Repair JVM via JL_com

___________________________________________________________________________

Kerusakan Hardware
Batre Disilang
Batre tidak berfungsi karena:
-Habis total (tekor, drain, bocor, rusak)
-Bate tidak dapat diisi, (jalur arus putus, port rusak, kabel rusak, IC charger rusak)
-Salah batre (menggunakan type batre yg tidak sesuai)
-IC power rusak

Solusi:
Recharge batre berlaku untuk bila bukan IC yg rusak
Usaha ini mencoba melakukan charging pada battery yang sudah habis total.
Charge batre pake desktop charger

Kalo ga punya desktop charger:
Spoiler for coba ini:

1. Cabut Baterai, SIM Card, Media Card, biarkan terbuka
2. Jalankan Desktop Manager
3. Sambungkan Blackberry dengan PC menggunakan kabel USB
4. Tunggu sampai muncul gambar battery disilang
5. Pasang battery tanpa melepas sambungan blackberry dengan PC
6. Tunggu sampai Blackberry menyala, biarkan charge sampai beberapa garis battery
7. Cabut koneksi, segera charge dengan charger

_________________________________________________________________________


IC Flash/ROM fail/rusak
Hardware tempat semua data disimpan (PIN, Emei, MEID, Firmware (.sfi), Booting Screen, Lock Code dan OS)

Tanda-tanda:
-BB hang
-BB restart
-PIN tidak terbaca DM
-Keluar JVM Error Code (lihat list JVM Error Code)
-BB tidak bisa diupgrade ("wait for device initialization" > FAIL! pada Loader)

Solusi:
-Ganti IC Flash
Catatan:
Quote:
Originally Posted by sh4w
ic flash tuh ic yg isinya PIN, IMEI. rata2 d lem paten ke boardnya. dan.. ga ad yg jual.. klo dkanibalin dr yg laen bisa aj, tp pin imei berubah, klo cocok.. bisa dirubah ke pin imei awal pake R**ioLab tool.
________________________________________________________________________



IC Power
Tanda-tanda:
-BB restart tanpa ada error log pada "Event Log"
-Batre silang
-BB mati tiba-tiba

Solusi:
Ganti IC power
___________________________________________________________________________


Keterangan Tambahan:
LED Error Code
Spoiler for LED CODEs:

Kode kedipan lampu LED pada saat awal loading blackberry menunjukkan suatu nilai biner yang menginformasikan pesan dari bootROM. Kode ini ditampilkan dalam bentuk kedipan lampu led berwarna merah,
biner 1 ditunjukkan dengan nyala kedip (lampu merah) sedangkan biner 0 ditunjukkan dengan tidak nyalanya led (off). Apabila led menyala secara kontinyu, ini merupakan pesan sedang melakukan security wipe, apabila led menyala kontinyu tidak pada saat melakukan security wipe, ini mengindikasikan adanya kerusakan hardware.

* 1 : Bukan problem, kode ini adalah normal saat restart
* 11 : Tidak ada sistem operasi di dalam blackberry, lakukan reload sistem operasi dengan MFI

* 101 : Bad OS CRC
* 111 : Missing OS CRC
* 1011 : Missing OS Trailer
* 1101 : OS Not Signed, coba loading OS kembali

* 1111 (paling sering terjadi) : OS Signature Invalid, coba loading kembali OS dan biarkan mati tanpa baterai selama hampir 30 menit, kemudian coba hidupkan kembali. Apabila tetap muncul pesan kesalahan, coba lakukan penggantian flash.

* 10101 : Unknown Flash Manufacturer
* 10111 : Flash Initialization Problem
* 11011 : Flash Erase Failure
* 11101 : Flash Operation Out Of Range
* 11111 : Bad BootROM CRC
* 101011 : USB Driver Error
* 101101 : No BootROM CRC
* 101111 : Flash Write Failure
* 110101 : Invalid Memory Configuration Table
* 110111 : Password Not Initiated
* 111011 : RAM Initialization Problem
* 111101 : Cache No Pages Free
* 111111 : Cache Invalid Page Type
* 1010101 : Random Number Failure
* 1010111 : OSStore Failure
* 1011011 : Security Init Failure
* 1011101 : NAND failure
* 1011111 : General Assert Failure
* 1101011 : GPIO failure
* 1101101 : Runtime library failure
* 1101111 : undefined isntruction
* 1110101 : SWI
* 1110111 : Prefetch Abort
* 1111011 : Data Abort
* 1111101 : Reserved
* 1111111 : IRQ
* 10101011 : FIQ

Kamis, 19 Juli 2012

Ilmuwan: Gempa 6,0 SR Italia Tergolong Aneh

Dhany Rahim - Kamis, Juli 19, 2012

Sedikitnya 7 tewas, 50 luka, dan ribuan orang mengungsi akibat gempa. Lindu ini tak biasa.



Bumi Italia Utara berguncang hebat, Minggu subuh, Minggu 19 Mei 2012 pukul 04.04 waktu setempat. Saat itu orang-orang sedang terlelap. Kekuatan lindu sejatinya tak begitu dahsyat, "hanya" 6,0 skala Richter, tapi akibatnya luar biasa. 

Sedikitnya tujuh orang tewas dan 50 orang terluka, bangunan bersejarah ambruk, ribuan orang mengungsi ke penampungan dan tenda-tenda darurat-- karena rumahnya rubuh atau trauma akibat gempa.

Tak hanya dampak yang mencengangkan, gempa kuat yang terjadi untuk kali pertamanya dalam seabad di wilayah itu juga membuat para seismolog atau ahli gempa terkejut.

Data mengindikasikan, gempa yang mengguncang kawasan utara Bologna adalah gempa sesar (thrust quake), tipe gempa yang diakibatkan oleh tabrakan dua lempeng tektonik di kedalaman hanya 5 kilometer.

"Yang mengejutkan, gempa terjadi sangat dangkal, padahal lokasinya jauh dari batas lempeng," kata Paul Caruso, geofisikawan dari Badan Suervei Geologi Amerika Serikat (USGS) kepada situs sains Our Amazing Planet. "Biasanya, gempa akan terjadi di lokasi yang lebih dalam saat mereka bergerak ke utara."

Lindu kemarin terjadi di 750 kilometer sebelah utara batas lempeng, lokasi pertemuan dua lempeng yang bertabrakan. Letaknya di sepanjang "telapak" Italia, yang dipeta mirip sepatu bot.

Di sana lah, lempeng Afrika bergerak perlahan ke utara, menabrak Lempeng Eurasia. Soal dampak, Caruso menjelaskan, makin dangkal gempa maka makin besar kerusakan yang diakibatkan.

Keanehan yang lain, gempa besar biasanya mengguncang wilayah dengan sejarah panjang gempa bumi. Namun, untuk kasus Italia Utara, wilayah itu relatif tenang selama ratusan tahun. "Faktanya, catatan gempa bumi selama ribuan tahun menunjukkan, area tersebut tak aktif secara seismik dalam waktu yang panjang," kata Caruso.

Beda dengan L'Aquila
Gempa terbesar abad ini yang mengguncang Italia terjadi pada 2009, di Italia tengah, dekat Roma. Gempa dengan kekuatan 6,3 skala Richter mengguncang kota Abad Pertengahan, L'Aquila, menewaskan 300 orang dan menyebabkan kerusakan dalam skala besar.

Setelah gempa itu, pemerintah Italia menuding ilmuwan bertanggung jawab, menyeret mereka ke pengadilan, atas tuduhan pembunuhan karena dianggap tidak memberi peringatan sebelum gempa mematikan terjadi. Sebuah tindakan yang membangkitkan kemarahan komunitas ilmuwan dunia.

Dua gempa, di L'Aquila dan Italia Utara diakibatkan oleh mekanisme geologi berbeda. Lindu L'Aquila disebabkan lempeng yang berhadapan saling menjauh satu sama lain, sementara gempa Minggu kemarin disebabkan tabrakan antarlempeng.

Kini, sejumlah gempa susulan terus terjadi di wilayah terdampak. Belum jelas, apakah ini pertanda gempa besar lain akan datang.

"Kami belum bisa memastikan apakah ini akan memicu aktivitas di area ini atau tidak. Kami sedang memantau gempa susulan, jumlahnya sekitar 100.

© VIVA.co.id 

Lima Petunjuk Penelitian Waktu Kematian Yesus

Dhany Rahim - Kamis, Juli 19, 2012

Temuan waktu kematian Yesus berasal dari Kitab Perjanjian Baru.



Kitab Perjanjian Baru menggambarkan kondisi saat Yesus disalib. Injil Matius Bab 27 menuliskan gempa yang terjadi bertepatan dengan saat Yesus disalib.

Injil Matius 27:51 memuat tulisan, "Dan ketika Yesus berseru dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya. Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah."

Untuk menganalisa aktivitas gempa, pakar geologi Supersonic Geophysical, Jefferson Williams bersama rekan peneliti Markus Schwab dan Achim Brauer dari Pusat Penelitian Ilmu Geologi Jerman mempelajari tiga inti lapisan dari pantai Ein Gedi Spa dekat Laut Mati.

Dalam menentukan tanggal penyaliban, Williams mengutip kertas Nature yang ditulis Colin Humphreys dan Graeme Waddington. Williams meringkas langkah kerjanya sebagai berikut:

1. Keempat kitab Injil dan Tacitus dalam Annals (XV, 44) sepakat penyaliban terjadi ketika Pontius Pilate menjadi penguasa Yudea pada 26-36 Masehi.

2. Semua Kitab Perjanjian Baru mengatakan penyaliban terjadi pada Jumat (Jumat Agung).

3. Keempat Injil sama-sama memuat Yesus meninggal beberapa jam sebelum awal hari Sabat kaum Yahudi (menjelang malam pada Jumat).

4. Injil sinoptik (Matius, Markus, dan Lukas) menunjukkan Yesus wafat  sebelum malam tiba pada hari ke-14 bulan Nisan. Tepat sebelum perjamuan Paskah.

5. Injil Yohanes berbeda dengan Kitab Perjanjian Baru. Injil Yohanes mengindikasi Yesus wafat sebelum malam pada tanggal 15 bulan Nisan.

Jumat, 3 April 33 Masehi menjadi tanggal pilihan yang sesuai dengan penelitian dan pencocokan data dengan Injil. Tim Williams menyesuaikan dengan data astronomi dan kalender Yahudi.

Dalam data gempa, tim Williams mengakui aktivitas seismik yang berhubungan dengan panyaliban mengacu pada gempa bumi yang terjadi beberapa waktu sebelum atau sesudah penyaliban seperti rujukan dari Injil Matius. Gempa lokal terjadi antara 26 dan 36 Masehi.

Williams menilai gempa cukup energik untuk merusak sendimen Ein Gedi. Tapi, tidak cukup kuat untuk menghasilkan catatan sejarah tersendiri dan rekaman sejarah ekstra Alkitab.

"Jika kemungkinan terakhir ini benar, ini akan berarti laporan gempa dalam Injil Matius adalah jenis alegori," tulis peneliti seperti dilansir dari Discovery.

Williams mempelajari kemungkinan peristiwa alam  lain yang dapat dikaitkan dengan kegelapan yang terjadi saat penyaliban.

Tiga dari empat Injil kanonik melaporkan kegelapan terjadi dari siang hingga sekitar pukul 15.00 sore setelah penyaliban terjadi. Williams berkeyakinan kegelapan tersebut bisa disebabkan pula oleh badai debu.

Williams menyelidiki endapan badai debu dalam sedimen yang bertepatan dengan gempa abad awal pertama di wilayah Yerusalem. (adi)

© VIVA.co.id

Ilmuwan: Waspada, Malapetaka Mengancam Bumi

Dhany Rahim - Kamis, Juli 19, 2012

Para ahli meneliti perubahan iklim, ekologi, dan titik kritis Bumi yang mengkhawatirkan.



Hutan digunduli, racun ditebar di laut dan sungai, udara mampat oleh polusi yang menyesakkan dada -- ini yang dilakukan manusia pada "rumahnya" sendiri. 
Kita juga sering lupa, ada mahluk lain yang punya hak yang sama untuk hidup di muka bumi. Perlakuan buruk terhadap hewan, salah satunya. Gajah dan badak dibantai demi gading dan cula, orangutan dan harimau diusir dari habitatnya. Hanya soal waktu sampai mereka punah.
Sekelompok ilmuwan mengingatkan, Bumi sedang mengarah pada malapetaka, jika manusia tidak bertindak untuk menyelamatkannya. Dalam jurnal Nature, para ahli ini mengungkapkan, dunia sedang bergerak menuju titik kritis ditandai dengan kepunahan dan perubahan tak terduga pada skala yang sangat besar, yang tidak terlihat sejak gletser mencair 12.000 tahun lalu.

"Ada peluang besar, di akhir abad ini, Bumi menjadi tempat yang benar-benar berbeda," kata peneliti Anthony Barnosky kepada situs sains LiveScience. Profesor Biologi Integratif dari University of California,

Berkeley, tergabung dengan 17 ilmuwan lain untuk memperingatkan Bumi yang akan datang mungkin tak lagi menyenangkan untuk dihuni. "Bayangkan perubahan itu sebagai sebagai periode penyesuaian cepat, saat kita didorong masuk melalui lubang jsrum," kata dia, membuat analogi. "Ketika masuk ke lubang jarum itulah, saat kita melihat pertikaian politik, perselisihan ekonomi, perang, dan kelaparan."

Manusia lebih mengerikan
Barnosky dan para koleganya menelaah penelitian soal perubahan iklim, ekologi, dan titik kritis Bumi yang mengkhawatirkan. Pada ambang batas tertentu, mereka memberi tekanan lebih pada lingkungan, yang tak mungkin dikembalikan lagi. Sebaliknya, secara tiba-tiba, planet ini merespon dengan cara yang tak terduga, memicu transisi  global besar.

Sebagai contoh adalah salah satu transisi pada di akhir Zaman Es. Tak lebih dari 3.000 tahun, Bumi berubah dari kondisi 30 persennya tertutup es menjadi nyaris bebas es seperti saat ini. Kepunahan dan perubahan ekologi terbesar terjadi hanya dalam 1.600 tahun. Sejak itu hingga kini, keanekaragaman hayati Bumi tak juga pulih.

Saat ini, Barnosky menambahkan, tindakan manusia mendorong perubahan lebih cepat dari apa yang dilakukan alam. Didorong oleh peningkatan karbondioksida di atmosfer hingga 35 persen sejak dimulainya Revolusi Industri, termperatur global naik drastis, lebih cepat dari era es mencair. Tak hanya itu, manusia telah mengubah 43 persen permukaan tanah di Bumi untuk membangun kota dan pertanian. Ini lebih dahsyat dari transisi tanah yang terjadi di akhir zaman es yang 30 persen.

Sementara, populasi manusia membengkak dengan cepat, memberi tekanan yang makin berat pada sumber daya yang ada, yang tak pernah dirasa cukup. "Setiap perubahan yang kita lihat dan sadari dalam beberapa abad sejatinya lebih besar dari apa yang kita anggap sebagai perubahan luar biasa di masa lalu," kata Barnosky.

Harus bertindak
Bagaimana akhirnya nanti, malapetaka apa yang akan mendera bumi, masih belum bisa diprediksi pasti.

Ini yang bisa digunakan sebagai perbandingan: pada transisi akhir zaman es, setengah spesies Bumi, di antaranya mamalia besar semisal mamoth punah. Juga perubahan spesies di tataran lokal sebagai akibat proses penyesuaian diri.

Bedanya dengan sekarang, ekosistem kala itu memberi peluang besar bagi manusia untuk hidup. "Memberi kita daya dukung hidup, untuk bertanam, mencari ikan, juga air bersih untuk minum," kata Barnosky.

Saat ini yang terjadi sebaliknya, kepentingan akan sumber daya bergeser dari satu negara ke negara lain, yang pasti akan diikuti kerusakan alam, juga ketidakstabilan politik. Perang tak mungkin dihadang.

Bagaimana untuk menghentikan laju kerusakan Bumi?

Barnosky mengatakan, ini perlu kerjasama internasional. Atas nama bisnis, manusia diperkirakan akan menggunakan 50 persen luas permukaan tanah di Bumi pada tahun 2050.

Saat itu, populasi orang diperkirakan menembus 9 miliar orang. "Jadi kita harus lebih efisien, dalam arti lebih efisien menggunakan energi, fokus lebih besar pada sumber daya terbarukan, dan kebutuhan untuk menyelamatkan spesies dan habitat hari ini untuk generasi mendatang."

Manusia tak hanya hidup saat ini, tegas Barnosky. "Aku ingin dunia 50 sampai 100 tahun mendatang setidaknya sama baiknya dengan sekarang untuk anak dan cucuku. Kupikir semua orang pasti punya cita-cita yang sama," kata dia. "Saat ini kita berada di persimpangan, jika kita memilih tak berbuat apapun, konsekuensinya kita akan menuju titik kritis. Juga masa depan yang buruk bagi keturunan kita." (umi)


Next Previous
Editor's Choice